Iniesta: Xavi adalah Pelatih yang Tepat untuk Barcelona

Mantan gelandang FC Barcelona, Andreas Iniesta mendukung penuh keputusan mempekerjakan Xavi Hernandez sebagai manajer baru bekas timnya tersebut. Menurutnya, pria berusia 41 tahun itu adalah sosok yang tepat untuk menjadi juru taktik baru bagi Blaugrana.

Sudah sekitar dua pekan terakhir FC Barcelona tidak memliki pelatih tetap. Hal ini dikarenakan direksi klub yang memutuskan untuk memecat Ronald Koeman dari jabatan sebagai manajer klub yang bermarkas di Camp Nou itu.

Akhir pekan kemarin, pihak klub akhirnya mengumumkan siapa sosok yang bakal menggantikan Koeman. Mereka telah resmi menunjuk legenda klub, Xavi Hernandez sebagai manajer baru setelah direkrut dari klub asal Qatar, Al-Sadd.

Iniesta yang sebelumnya sempat menjadi tandem Xavi di lini tengah Barcelona pun mendukung keputusan ini. “Dia [Xavi] sudah sangat layak dan siap untuk pekerjaan ini,” ungkap Iniesta dalam sebuah wawancara dengan beIN Sports.

Xavi Sempurna untuk Barcelona

Kendati demikian, penunjukkan Xavi sebagai manajer baru Barcelona memunculkan pro dan kontra. Ada sejumlah pihak yang meragukan kemampuan pria asli Spanyol tersebut mengingat ia belum memiliki banyak pengalaman di Eropa.

Iniesta ternyata memiliki pandangan yang berbeda. Menurutnya, eks rekan setimnya itu sudah memiliki kemampuan yang memadai untuk menukangi Barcelona. Apalagi ia juga sudah menorehkan prestasi gemilang sewaktu masih menjadi pelatih Al-Sadd.

“Dia sudah bersiap dan saya yakin dia mampu melaksanakan tugas ini dengan baik. Ia bukan hanya telah menjadi pemain yang luar biasa tetapi juga akan menjadi pelatih yang luar biasa. Saya merasa yakin dia sudah siap dengan tantangan ini.”

Menurut Iniesta, saat ini tidak ada kandidat lain yang ia nilai lebih sempurna dari Xavi untuk menukangi Barcelona. Oleh karena itu, ia menilai pelatih berusia 41 tahun tersebut merupakan satu-satunya kandidat terbaik untuk Blaugrana saat ini.

Selain punya rekam jejak yang baik sebagai pemain Barcelona, sang manajer juga sudah mengenal baik ‘luar-dalam’ klub ini. Hal ini menjadi nilai plus tersendiri baginya untuk menjadi menukangi Memphis Depay dkk.

“Ia adalah kandidat yang sempurna untuk menjadi pelatih Barcelona. Bukan karena dia kenal baik klub dan La Masia, tapi karena dia juga punya kemampuan yang baik untuk menangani tim ini,” sambung Iniesta.

Harapan Andreas Iniesta

Pada kesempatan yang sama, Iniesta juga mengungkapkan harapan dan doanya agar Xavi bisa meraih kesuksesan di Barcelona. Tantangan yang ada di depan memang cukup berat, namun ia merasa yakin sang manajer bakal mampu melewati itu semua.

“Saya mendoakan agar dia bisa meraih sukses di sini. Saya optimis dia bakal baik-baik saja karena dia pun sudah mempersiapkan diri dengan sangat baik untuk berada di sini.”

“Dia begitu antusias dengan pekerjaan ini dan saya berharap dia bisa sukses di Barcelona. Saya akan selalu berdoa yang terbaik untuknya,” tandas Iniesta.

Saat ini Barcelona memang kerap dilanda inkonsistensi yang membuat mereka kesulitan menembus papan atas La Liga musim 2021/22. Terbaru, mereka harus puas bermain imbang 3-3 menghadapi Celta Vigo kendati sempat unggul tiga gol di babak pertama. Padahal, mereka sangat diunggulkan untuk meraih kemenangan jika menilik bursa taruhan seperti Fun88.

Kini, Blaugrana menempati posisi kesembilan di klasemen sementara La Liga dengan koleksi 17 poin. Mereka tertinggal 11 poin dari Real Sociedad yang ada di puncak klasemen. Kedatangan Xavi Hernandez diharapkan mampu mengangkat performa Gerard Pique dkk dan tentunya menghidupkan kembali harapan untuk meraih trofi musim ini.

About alfin

Seorang penulis dan juga internet enthusiast yang kini juga menggeluti dunia digital marketing

Check Also

Mungkinkah Arsenal Menang Liga Primer Inggris?

Mantan pelatih Arsenal, Arsene Wenger, percaya bahwa juru komando klub Liga Primer Inggris tersebut akan …