Keok di El Classico, Posisi Ronald Koeman Masih Aman

Barcelona menelan kekalahan ketika menjamu Real Madrid dalam lanjutan La Liga musim 2021/22. Laga bertajuk El Classico yang digelar di Camp Nou pada Minggu (24/10) malam WIB tersebut berakhir dengan skor 1-2 untuk keunggulan tim tamu. Hasil ini sesuai dengan pasaran taruhan di bookmaker seperti Fun88 Bola yang memang lebih mengunggulkan El Real ketimbang skuat besutan Ronald Koeman tersebut.

Kekalahan ini merupakan kali kedua Barcelona gagal meraih poin dari lima pertandingan terakhir di La Liga. Rangkaian hasil buruk tersebut membuat posisi Ronald Koeman sebagai manajer Blaugrana dirumorkan sedang terancam.

Rumor mengenai pemecatan pelatih asal Belanda tersebut sebenarnya sudah berhembus sejak dua bulan terakhir. Tidak hanya di ajang La Liga, klub asal Catalan tersebut juga tampil kurang meyakinkan di pentas Liga Champions. Hal ini membuat fans Barcelona mendesak manajemen klub agar memecat eks pelatih tim nasional Belanda tersebut.

Namun, Marca mengklaim bahwa nasib Koeman di Camp Nou masih aman. Manajemen klub kabarnya masih ingin memberikan kesempatan lebih kepada manajer berusia 58 tahun tersebut.

Ronald Koeman dalam Pantauan Ketat

Menurut laporan Marca manajemen Barcelona tidak terlalu khawatir kendati mereka kalah pada laga El Classico melawan sang rival, Real Madrid. Mereka menilai performa yang ditampilkan Memphis Depay dkk tidak terlalu buruk meski menelan kekalahan.

Kondisi tim memang sedang tidak ideal karena sejumlah pemain harus menepi lantaran cedera. Kalah dengan defisit satu gol tidak terlalu buruk meski mereka tentu lebih senang jika Barcelona berhasil meraih poin dari laga tersebut.

Kendati tidak akan didepak dalam waktu dekat, Ronald Koeman tidak bisa bersantai ria. Sebab, manajemen Blaugrana terus memantau performa tim di setiap pertandingan. Apabila terus memperoleh hasil minor, bukan tidak mungkin Koeman akan didepak.

Saat ini Koeman belum mampu membawa Barcelona kembali bersaing di papan atas klasemen La Liga. Kekalahan dari Real Madrid membuat skuatnya kini bertengger di posisi kesembilan dengan koleksi 15 poin. Mereka terpaut enam poin dari Real Sociedad yang sementara ini berada di puncak klasemen.

Calon Pengganti Koeman

Rumor mengenai pemecatan Ronald Koeman memang sudah berhembus kencang sejak beberapa bulan lalu. Sejak saat itu, sejumlah nama pelatih top kerap dikaitkan dengan klub yang bermarkas di Camp Nou tersebut. Salah satu di antaranya adalah bekas pelatih tim nasional Jerman Joachim Low.

Low saat ini sedang menganggur setelah resmi berpisah dengan timnas Jerman pasca gelaran Euro 2020 lalu. Pelatih berusia 61 tahun ini bisa menjadi opsi yang tepat untuk mengisi kursi manajer Barcelona. Seperti diketahui, Low pernah mengantarkan timnas Jerman menjuarai Piala Dunia pada tahun 2014 lalu. Ia juga sempat menukangi beberapa klub di antaranya VfB Stuttgart dan FC Tirol Inssbruck.

Selain Joachim Low, satu nama lain yang santer bakal menggantikan Ronald Koeman adalah Antonio Conte. Pelatih berkebangsaan Italia ini sedang tidak melatih klub manapun setelah mengundurkan diri dari Inter Milan di akhir musim 2020/21 kemarin.

Manajer yang juga pernah menukangi Chelsea ini bisa menjadi opsi yang tepat untuk menggantikan Koeman. Sebab, Conte dikenal sebagai manajer bertangan dingin yang mampu menyulap tim yang sedang terpuruk kembali bangkit.

About alfin

Seorang penulis dan juga internet enthusiast yang kini juga menggeluti dunia digital marketing

Check Also

Mungkinkah Arsenal Menang Liga Primer Inggris?

Mantan pelatih Arsenal, Arsene Wenger, percaya bahwa juru komando klub Liga Primer Inggris tersebut akan …