Kesalnya Ronald Koeman di Laga Kontra Perancis

Pelatih kepala timnas Belanda, Ronald Koeman, menuai perhatian besar akibat aksi yang dilakukannya kepada wasit dalam laga Belanda vs Perancis di EURO 2024 baru-baru ini. Sang pelatih berujar bahwa pihaknya mencetak ‘gol yang sah’ dalam laga tersebut, walau hal ini belum tentu diterima semua pihak yang terlibat.

Pasang Taruhan Anda di Seru88 Sekarang

Seru88 Ronald Koeman

Permainan Manis Skuad Ronald Koeman

Xavi Simmons sempat berhasil mengantarkan timnas Belanda unggul di menit ke-69 pertandingan tersebut. Pemain depan timnas Oranje ini berhasil merobek gawang Perancis. Momen ini terjadi tak lama setelah kiper Perancis, Mike Maignan, berhasil mementahkan serangan yang dilakukan oleh Memphies Depay.

Meski demikian, wasit memilih untuk  memeriksa rekaman VAR. Sayangnya, setelah pemeriksaan dilakukan, gol tersebut diputusn untuk dianulir. Wasit pada laga tersebut beralasan hal ini harus dilakukan karena pemain belakang Belanda, Denzel Dumfries, berada pada posisi offside. Posisinya waktu itu menyela posisi Maignan.

Ronald Koeman Bersikeras

Meski demikian, Ronald Koeman bersikeras kalau pemainnya tersebut tidak mengganggu kiper dari pihak lawan. Bahkan pelatih kepala timnas Oranje tersebut meyakini kalau pihaknya layak untuk mendapatkan gol tersebut.

Pandangan ini ia lontarkan ketika menjalani sesi wawancara dengan awak media dalam konferensi pers yang digelar setelah laga. Dalam pernyataannya, sang pelatih berujar bahwa posisi Dumfries memang offside. Namun, ia tidak mengganggu sang penjaga gawang. Menurutnya, ketika hal ini tidak terjadi, maka gol tersebut seharusnya tetap dinyatakan sah oleh pihak wasit.

Pandangan Sang Pelatih Oranje

Lebih lanjut, Seru88 link melaporkan bahwa sang pelatih bahkan menyinggung waktu 5 menit yang diambil oleh pihak wasit untuk memeriksa kembali rekaman video. Ia sendiri mengaku tidak paham dengan keputusan yang diambil oleh pihak pengadil pertandingan tersebut. Ia pun sekali lagi menegaskan bahwa sang pemain asuhannya tersebut sedang tidak mengganggu pihak penjaga gawang dari sang rival.

Pada akhirnya, laga tersebut berakhir dengan kedua tim saling berbagi poin di klasemen Grup D. Dari perhitungan terakhir, timnas binaan Ronald Koeman masih berada di puncak klasemen dengan perolehan 4 poin. Namun, Perancis juga memiliki perolehan poin yang sama persis.

Dengan kondisi ini, kedua tim masih belum dijamin untuk lolos ke babak gugur kompetisi ini. Namun besar kemungkinan kalau kedua tim ini akan tetap melaju bahkan jika mereka kalah dalam laga terakhir penyisihan grup EURO 2024. Atas kondisi mereka ini, Ronald Koeman berujar bahwa meski ia berpikir bahwa seharusnya gol tersebut dinyatan sah, ia tetap beranggapan bahwa pertandingan tersebut tetap berakhir dengan adil. Sebagai pelatih, ia dapat menerima hasil pertandingan tersebut, meski ada kalanya selama pertandingan mereka tidak mampu bermain sebaik yang ia harapkan. Menurutnya, hal ini masih tergolong wajar mengingat lawan yang mereka hadapi adalah Perancis yang terkenal kuat.

Mashi dalam kesempatan yang sama, Ronald Koeman berujar bahwa saat ini mereka berhasil mengoleksi 4 poin dari 2 laga. Keduanya merupakan pertandingan melawan rival yang berat dan diunggulkan menang dalma kompetisi ini. Bahkan tanpa hasil menang sekalipun, ia berujar bahwa dirinya akan dengan senang hati menerima kesempatan untuk menjalani pertandingan tersebut. Hal inilah yang menurutnya membuatnya bahagia.

Ia bahkan menyebut kalau beberapa orang mungkin beranggapan permainan timnas Belanda membosankan dan lebih bertahan. Tapi hal ini bukanlah sesuatu yang dilarang. Tapi ia sendiri yakin bahwa timonas Perancis juga sama seperti mereka, bahagia dengan hasil pertandingan tersebut.

Sementara itu, kapten timnas Belanda, Virgil van Dijk, menambahkan bahwa golnya seharusnya sah sesuai dengan yang ia lihat. Perancis memiliki peluang untuk bisa mencetak gol. Tapi mereka juga memiliki hal yang sama. Oleh karenanya ia beranggapan keduanya layak untuk saling berbagai poin. Ia juga berujar bahwa mereka mampu mempersembahkan pertandingan yang positif. Mereka berhasil mendapatkan poin dan kini siap untuk melaju lebih jauh. Untuk saat ini, mereka masih berjalan di jalur yang mereka harapkan.

Untuk saat ini, timnas Belanda masih berada di pucuk klasemen Grup D. Dengan hasil ini, berikutnya mereka akan berhadapan dengan peringkat 2 dari grup F dalam babak 16 besar nanti. Dengan Portugal sebagai lawan mereka, Ronald Koeman dan para asuhannya harus menyiapkan strategi solid untuk mengamankan langkah menuju babak 8 besar.

About fun88team

Seorang pencari informasi kecil di dunia maya, berharap bisa menemukan informasi baru setiap harinya