6 Kandidat Pengganti Ronald Koeman di Barcelona

FC Barcelona saat ini sedang dirundung kondisi yang kurang ideal. Performa mereka masih belum sesuai harapan bersama pelatih anyar asal Belanda, Ronald Koeman. Hal ini membuat nasib eks pelatih tim nasional Belanda tersebut berada di ujung tanduk.

Barcelona memutuskan untuk mengakhiri kerjasama dengan pelatih Quique Setien karena dinilai gagal mengangkat performa tim. Manajemen klub pada akhirnya menunjuk Koeman yang dianggap sudah cukup punya pengalaman di kancah sepakbola Eropa.Tapi, sejauh ini keputusan tersebut masih belum menemui hasil yang sesuai harapan. Ini membuat sejumlah fans Blaugrana mendesak agar klub memecat Koeman. Hal ini membuat Barcelona keluar dari kandidat peraih gelar juara Liga Champions 2021/22 berdasarkan pasaran taruhan di Fun88. Apabila pria berusia 58 tahun didepak, berikut beberapa kandidat yang bisa menggantikannya.

Roberto Martinez

Mantan manajer Everton ini sedang bertugas menangani tim nasional Belgia. Catatannya bersama The Red Devils pun terbilang cukup memuaskan karena sempat membawa Kevin De Bruyne cs menempati rangking pertama FIFA. Hal ini membuat Martinez digadang-gadang menjadi salah satu sosok kandidat pengganti Ronald Koeman.

Pelatih berusia 48 tahun tersebut berhasil membawa Belgia finish di urutan ketiga pada Piala Dunia 2018 lalu. Terbaru, ia juga sukses mengantarkan timnya mencapai babak perempat final Euro 2020.

Martinez dinilai cocok sebagai pengganti Koeman di kursi panas manajer Barcelona. Sebab, ia juga berasal dari Spanyol sehingga tidak akan kesulitan dari segi bahasa.

Xavi Hernandez

Xavi sudah cukup sering disebut sebagai calon arsitek baru Barcelona. Namun, legenda Blaugrana tersebut memutuskan untuk bertahan di Al Sadd. Klub ini pula yang menjadi tempat baginya untuk mengakhiri karir profesionalnya sebagai pesepakbola. Padahal, ia sudah bertahun-tahun membela Barcelona. Saat ini ia bahkan menekuni karir sebagai pelatih di klub asal Qatar tersebut.

Kendati masih seumur jagung di dunia kepelatihan, prestasi Xavi sebagai pelatih sudah cukup moncer. Pria asal Spanyol tersebut sudah mempersembahkan total empat trofi untuk Al Sadd.

Erik ten Hag

Erik ten Hag menduduki kursi kepelatihan Ajax Amsterdam pada tahun 2017 lalu. Sejak saat itu, ia sukses mempersembahkan sejumlah gelar juara untuk klub asal ibukota Belanda tersebut. Ten Hag sukses memenangi tujuh gelar untuk Ajax sejauh. Terbaru, ia memenangi dua gelar di musim 2020/21 kemarin yaitu Eredivisie dan KNVB Cup.

Pelatih berusia 51 tahun tersebut dinilai cocok untuk mengambil alih jabatan pelatih Barcelona dari Ronald Koeman. Namun, ia masih terikat kontrak bersama Ajax hingga tahun 2023.

Joachim Low

Low memutuskan untuk meninggalkan tim nasional Jerman selepas ajang Euro 2020. Padahal ia sudah cukup lama menukangi Manuel Nuer dan berhasil meraih sejumlah prestasi membanggakan.

Ia ditunjuk untuk menjadi pelatih timnas Jerman sejak tahun 2006 silam. Kala itu, pria yang kini telah berusia 61 tahun tersebut menggantikan Jurgen Klinsmann. Low sukses mengantarkan Jerman ke final Euro 2008 dan memenangi trofi Piala Dunia 2014.

Di level klub, Low pernah melatih Stuttgart, Fenerbahce, dan Austria Wien. Kendati belum punya prestasi mentereng di level klub, ia dinilai layak untuk menggantikan Ronald Koeman sebagai manajer Barcelona.

Antonio Conte

Reputasi Conte sebagai pelatih top sudah tidak diragukan lagi. Ini bisa dilihat dari prestasi yang ia raih bersama beberapa klub seperti Juventus, Chelsea, dan Inter Milan. Namun, saat ini pelatih berusia 52 tahun tersebut sedang menganggur alias tanpa klub. Padahal, di musim terakhirnya bersama Inter Milan, ia berhasil memenangi gelar juara Serie A musim 2020/21 kemarin.

Conte memutuskan mundur dari jabatannya sebagai pelatih Nerazzurri. Sampai sekarang ia masih belum berlabuh untuk melatih klub manapun. Namanya sempat dirumorkan bakal menangani salah satu dari klub Inggris, Arsenal dan Manchester United.

Manajemen Barcelona mungkin bisa menempatkan Conte sebagai opsi untuk menggantikan Ronald Koeman. Selain dari gaya bermain, kualitasnya sebagai pemegang komando skuat sudah tidak diragukan lagi.

Andrea Pirlo

Belakangan ini, nama Andrea Pirlo mulai dikaitkan dengan Barcelona untuk menggantikan Koeman. Meski masih ‘hijau’ di dunia kepelatihan, Pirlo dinilai sebagai sosok alternatif untuk mengisi pos tersebut. Apalagi, Blaugrana bisa merekrutnya secara gratis karena sedang tidak melatih klub manapun.

Pirlo meninggalkan Juventus di akhir musim 2020/21 kemarin. Ia dipecat meski berhasil mempersembahkan trofi Coppa Italia dan Supercoppa Italia. Banyak pihak menilai performa Juventus di bawah asuhannya jauh dari harapan.

About alfin

Seorang penulis dan juga internet enthusiast yang kini juga menggeluti dunia digital marketing

Check Also

Mungkinkah Arsenal Menang Liga Primer Inggris?

Mantan pelatih Arsenal, Arsene Wenger, percaya bahwa juru komando klub Liga Primer Inggris tersebut akan …